Keagungan Sejarah Islam Di Cordoba Spanyol

Cordoba yang berada di sebelah selatan Spanyol, merupakan salah satu kota terkaya dalam peninggalan sejarah Islam. Pernah menjadi ibukota pada pemerintahan Bani Umayah di Spanyol dari tahun 711 sampai 1039 M.

Jembatan Cordoba

Perjalanan di Cordoba diawali melewati jembatan sambil menikmati indahnya jembatan Cordoba yang membentang diatas sungai Al-Wadi al kabir. Jembatan ini dikenal dengan nama Al-Jisr dan Qantharah Ad-Adhr. Panjangnya sekitar 400 m, lebar 40 m dan tingginya 30 m. Jembatan ini yang dibangun pada saat manusia belum mengenal adanya sarana transportasi lain selain binatang.

Masjid Cordoba

Memasuki Cordoba, menuju Mezquita Cathedral atau Masjid Cordoba. Bangunan yang dialihfungsikan sebagai Katedral Cordoba. Sebelum cahaya Islam awalnya memang merupakan sebuah gereja bernama Katedral Saint Vincent yang dibangun sekitar tahun 600 M.
Ketika cahaya Islam berhasil bersinar Spanyol, gereja tersebut dikembangkan menjadi Masjid.

Masjid Cordoba yang dibangun pertama kali oleh Abdurrahman I pada tahun 787 M. dikemudian hari berhasil diperbesar beberapa kali oleh penerusnya. Di gerbang utama Masjid Cordoba terdapat menara yaitu Torre de Alminar, dengan tinggi sekitar 93 m. Dulunya, menara ini digunakan untuk adzan, tapi sekarang menjadi tempat bergantungnya lonceng Baroque.
Arsitektur interior masjid ini sangat indah dan rumit Muhammad Iqbal menggambarkan aula hypo style “pilar-pilar tak terhitung laksana deretan pohon palem di oasis Syria’s”
Masjid terbagi 3 bagian, taman, pusat budaya, dan bangunan utama tempat sholat/ibadah.

Yg menarik kejeniusan perubahan arah kiblat yg dari menghadap keselatan bergeser ke kiri ke arah tenggara tanpa merubah bangunan masjid namun dengan mengembangkan tiang-tiang atau pilar pilar bangunan masjid searah dengan baitullah dengan sentuhan seni tingkat tinggi.

Dalam Mahzab Maliki membolehkan makmun tetap menghadap ke selatan hanya imannya yg menghadap ke arah kiblat baitullah.

Cordoba masih memiliki Medina Azahara merupakan kota yang menakjubkan. Dulunya, tempat tersebut adalah kompleks ibukota kekhalifahan Umayah di Andalusia yang terletak 13 km sebelah barat kota Cordoba. Konon, lokasi ini dipilih karena keindahan panoramanya. Kompleks itu dibangun antara tahun 936-940 M yang meliputi gedung pertemuan, masjid, kantor pemerintahan, barak, rumah tempat tinggal, hingga taman.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *