Jenis-jenis mainan Hotwheels yang umum dipilih oleh para kolektor pemula

Sebagai seorang pemula yang baru ingin mengoleksi mainan hotwheels tentu kita ingin tahu, jenis-jenis mainan hotwheels yang umum dipilih oleh para kolektor pemula itu apa saja. Ciri-ciri atau kategorinya nya seperti apa?

Ada beberapa kategori mobil Hotwheels yang disa dikoleksi misalnya berdasarkan seri dan tipenya. Para kolektor di Indonesia lebih memilih untuk mengoleksi satu seri tertentu saja, atau yang dikenal dengan istilah “fokusan”, yang berasal dari kata “fokus”.

Berdasarkan jenis mobilnya kolektor bisa fokus untuk mengoleksi : sport car, american muscle car, super cars, pick up truck dan lain-lain. Atau bila fokus berdasarkan merek tertentu seperti : lamborghini, ferrari, WV atau Ford. Selain mobil bisa juga mengoleksi motorcycle, airplane dan helicopter.

Jenis hotwheels yang biasanya banyak diburu oleh para kolektor :

  1. Treasure Hunts (T-Hunt)
    Harga hotwheels jenis ini bisa 2x lipat bahkan lebih dari harga reguler nya.
  2. Hotwheels Boulevard
    Type ini merupakan hotwheels mobil-mobil legendaris yang sangat terkenal dan menjadi pioneer di dunia otomotif. Seri ini dikeluarkan pada tahun 2012 dan memiliki 3 kategori seperti Legend, Show Rods dan Concept Car.
  3. Hotwheels Hollywood & Hotwheels Toon
    Tipe ini merupakan mobil-mobil yang dikeluarkan melalui film layar lebar atau film televisi yang terkenal seperti mobil-mobil James Bond, Fast and Furious, Ghosbuster, Need for Speed, The A Team, Knight Rider dan sebagainya.
    Untuk Hotwheels Toon spesial untuk mobil-mobil yang ada pada film animasi atau kartun seperti seri hotwheels Scooby Doo, Popeye, The Flintsotne, Angry Birds dan banyak lagi.

  4. Hotwheels seri JDM (Japanese Domestic Market)
    Seri ini adalah khusus untuk model mobil buatan Jepang seperti Toyota, Nissan, Honda atau Mitsubishi.
    Seri ini paling banyak penggemarnya bahkan untuk model Honda series sangat susah untuk dicari karena seri JDM ini memang langka.
  5. Hotwheels ZAMAC
    ZAMAC sendiri adalah singkatan dari Zinc, Aluminium, Magnesium and Copper. Keempat bahan ini merupakan bahan dasar untuk pembuatan mobil seri ZAMAC ini.
  6. Hotwheels AcceleRacers
    Merupakan serial animasi film yang diproduksi oleh Mattel. Seri ini dibedakan berdasarkan tahun keluaran dan jenis animasinya, seperti :
    ⦁ AcceleRacers (movie)
    ⦁ Seri AcceleRacer 2005
    ⦁ Seri AcceleRacer 2006
    ⦁ Seri Ultimate Track 3-pack
    ⦁ AcceleRacers Track Sets, contohnya : Hotwheels AcceleRacers AcceleDrome Race Car Track Set.
  7. Hotwheels Classics dan Hotwheels Cool Classics
    Pertama kali dirilis pada tahun 2013 dan merupakan koleksi Hotwheels khusus untuk mobil kategori klasik dengan modifikasi pada warna dan model. Setiap mobil pada seri ini memiliki dasar logam, warna Spectrafrost dan roda Retro-Slot eksklusif. Seri ini hanya diproduksi sebanyak 30 seri saja dan memiliki latar warna perak pada kartu bagian belakang mobil.
  8. Sizzlers
    Dirilis pada tahun 1970 dengan motor built-in dan baterai isi ulang kecil. Tipe ini biasa digunakan untuk balapan di lintasan khusus. Mattel mengakomodasi lintasan balap untuk tipe ini dengan memproduksi track balapan yang memiliki U-Turn, multi level spiral dan loop yang bisa digunakan untuk balap mobil elektrik ini.
    Agar lebih seru Mattel menciptakan Fat Track yang terdiri dari 3 lintasan dengan desain lintasan seperti belokan dan tanjakan. Sizzler menjadi populer karena mobil-mobil ini berjalan seperti ada sopirnya sehingga sangat disukai bagi penggemar balap mobil.
  9. Hotwheels Track Stars
    Jenis mobil yang dirancang khusus untuk bisa meluncur cepat pada lintasan Hotwheels. Ciri khas mobil ini menggunakan chasis metal dan body plastik agar mobil tetap berjalan pada lintasan saat meluncur. Jenis mobil Track Stars ini banyak dipakai untuk perlombaan hotwheels.

Seiring dengan perkembangan, akan muncul banyak lagi jenis-jenis koleksi hotwheel baru. Tetapi setidaknya beberapa jenis-jenis mainan Hotwheels yang umum dipilih oleh para kolektor pemula di atas bisa menjadi panduan untuk memulai mengoleksi mainan hotwheels ini.

Referensi :
Sumber 1, Sumber 2



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *