Istilah-istilah dalam Hotwheels

Pada saat awal mulai mengenal Hotwheels, sempat bingung dengan istilah-istilah yang ada dalam Hotwheels. Setelah googling di internet akhirnya ketemu beberapa istilah yang umum di Hotwheels yang cukup membantu.

Berikut beberapa istilah umum yang ada di Hotwheels.

  • Blister
    Blister adalah sebuah bentuk kemasan dalam penjualan sebuah diecast (bungkus hotwheels), dimana kemasan tersebut terdiri dari plastik bening dan kertas karton (card) yang di segel (heat seal coating). Dalam kemasan blister umumnya terdapat lubang yang memungkinkan diecast tersebut digantung. Contohnya adalah kemasan Hot Wheels.
  • Mint
    Istilah para kolektor untuk menyebut diecast dalam kondisi istimewa (seperti baru), namun tanpa kemasannya. Biasanya bekas pajangan, bukan bekas dimainkan.
  • Super Mint / Rare
    Istilah para kolektor untuk menyebut diecast dalam kondisi istimewa sekali (seperti baru) serta berada dalam kemasannya. Karena diecast yang super mint susah didapat, sering juga disebut rare. Rare disini berbeda istilah dengan rare (langka) di Hot Wheels, misalnya Hotwheels Super Treasure Hunt. Rare-nya Hot Wheels karena memang dibuat dalam jumlah terbatas (sedikit).
  • Chip
    Istilah ini dipakai untuk noda atau goresan berbentuk titik (bocel) pada mobil diecast.
  • Scratch
    Istilah ini dipakai untuk goresan berbentuk garis pada cat mobil die-cast.
  • Akrilik
    Sejenis plastik/fiber berwarna bening biasanya dipakai untuk membuat rak diecast. Atau ada juga diecast yang dikemas menggunakan kotak akrilik supaya kelihatan lebih eksklusif. Contohnya Saico Street Tuner.
  • AKTA
    Bila di blister ada tulisan “AKTA”, artinya ada keterangan/penjelasan tentang mobil yang bersangkutan di belakang bungkusnya. Tidak ada istilah bahwa blister hotwheels tanpa akta adalah hotwheels palsu. Tetapi memang blister hotwheels yang ada tulisan AKTA nya hanya keluar di pasar amerika. Lalu yang beredar di Indonesia tetapi tidak ada tulisan AKTA nya tetap sama original seperti yang bertuliskan AKTA pada blisternya.Untuk para kolektor yang tetap menyimpan hotwheels di bungkusnya alias di blisternya, tidak di loose atau di buka/dikeluarkan dari blister, ada nilai tambah tersendiri.Untuk hotwheels dengan blister bertuliskan AKTA biasanya tidak dijual di toko mainan biasa, karena hotwheels ini di-impor dari US.
  • LOOSE
    artinya blister sudah dibuka. Ada yang masih menyimpan blister nya atau langsung dibuang. Untuk kolektor dengan kategori yang suka nge-loose, baik yang AKTA atau yang bukan AKTA tidak akan berpengaruh buat mereka, karena nilainya sama-sama saja.
  • “first shot”
    maksudnya adalah kondisi dimana mobil baru dicetak, akan terlihat dasarnya mulai dari exterior sampai interiornya. Setelah di cetak langsung digabung menjadi satu, tanpa diwarnai terlebih dahuhu. Kira-kira sama seperti zamac, hanya beda penyebutannya.

  • “factory sealed”
    maksudnya adalah satu paket edisi tertentu lengkap yang digabung dalam satu kemasan besar, disegel langsung dari pabrik dan produksinya terbatas.
  • “error”
    produk cacat yang tidak disengaja dari pabrik, seperti beda posisi, missing tampo, salah blister, dan lain-lain. Biasanya ini karena kebetulan dan merupakan kejadian langka yang unik, sehingga kadang-kadang harga jualnya juga tinggi.

  • “Chase Car”
    maksudnya adalah mobil yang tampak seperti ada tandanya/signature tersendiri yang unit dan juga produksinya lebih sedikit. Contohnya hotwheels edisi phil’s garage dan larry’s garage, yang masing-masing dibeberapa mobil tertentu ada tanda tangannya mereka di bagian bawah / chassisnya. Agak susah dicari, cuma faktor keberuntungan untuk mendapatkannya.
  • Display Case
    adalah kotak/box diecast yang berbahan plastik/acrilik
  • ZAMAC
    Singkatan dari Zinc, Aluminum, Magnesium, and Copper alloy, yang merupakan bahan dasar dari diecast.
Referensi :
Sumber 1


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *