Granada Kota Islam di Spanyol

Granada merupakan kerajaan Islam terakhir yang berkuasa di Spanyol. Di kota ini, Sultan Muhammad bin al-Ahmar (Ahmar karena memiliki jenggot merah) mendirikan kerajaan Bani Ahmar. Pada puncak keemasannya, dinasti ini berhasil mendirikan bangunan yang monumental dan menjadi symbol kejayaan Islam yaitu istana Alhambra.
Keterangan dari pemandu wisata di Granada, Granada artinya buah Delima, simbul kecantikan dan ke Indahan.

Berbagai kemajuan berhasil dicapai, baik dalam bidang ilmu pengetahuan maupun arsitektur bangunan;

  1. Di bidang filsafat misalnya. Tercatat sejumlah tokoh filsafat pun muncul seperti Ibnu Bajjah, Ibnu Thufail sampai Ibnu Rusyd dari Cordoba.
  2. Di bidang kedokteran, ada juga tokoh yang sangat populer pada abad ke-12 yaitu Ibnu Sina. orang Barat mengenalnya dengan panggilan Avicenne. Ia membuat sebuah karya besar yaitu buku berjudul Al-Qanun.Dunia kedokteran Barat juga berhutang budi pada Az-Zahrawi yang dikenal sebagai orang pertama yang mengenalkan teknik pembedahan manusia. Az-Zahrawi menyusun ensiklopedi pembedahan yang karya ilmiahnya dijadikan referensi dasar bedah kedokteran selama ratusan tahun. sejumlah universitas termasuk yang ada di Barat pun menjadikan karyanya ini sebagai acuan.
  3. Di bidang Sains, ada banyak nama yang menjadi pencetus awal, misalnya Abbas bin Firnas yang pertama kali mencoba menemukan alat transportasi penerbangan.
  4. Di bidang astronomi ada nama Az-Zarqalli, astronom muslim kelahiran Cordoba yang pertama kali mengenalkan astrolable, sebuah instrument yang digunakan untuk mengukur sebuah bintang dari horizon bumi. Penemuan ini menjadi revolusioner karena sangat membantu navigasi laut.
  5. Di bidang geografi seorang pakar geografi, Al-Idrisi, yang lahir di Ceuta pada 1909 M juga menemukan dan memperkenalkan teknik pemetaan dan metode proyeksi. Sebuah metode yang sama dengan yang dikembangkan Mercator, 4 abad kemudian.
  6. Ahli astronomi Ibrahim bin Yahya an-naqqash yang terkenal dalam ilmu astronomi. Ia dapat menentukan waktu terjadinya gerhana matahari dan menetukan waktu lamanya. Ia juga berhasil membuat teropong modern yang dapat menentukan jarak antara tata surya dan bintang-bintang.Jam mekanik jadwal waktu sholat masih bisa dilihat dengan mulut2 singa memancurkan air jika telah tiba waktu sholat wajib yg 5 waktu.
  7. Di bidang arsitektur bangunan, tak bisa dibantah lagi bahwa peradaban Islam di Spanyol telah menyumbangkan karya yang luar biasa. Beberapa diantaranya pembangunan megah peninggalan Islam adalah Masjid Cordoba, Medina Az-Zahra, Istana Alijaferia di Zaragoza, tembok Toledo, istana Alhambra di Granada, dan lain-lain.

Nama Alhambra sendiri diambil dari bahasa Arab, hamra, bentuk jamak dari ahmar yang berarti merah. Dinamakan istana Alhambra karena istana ini banyak dihiasi ubin-ubin dan bata-bata berwarna merah, serta penghias dindingn yang agak kemerah-merahan dengan keramik yang bernuansa seni Islami, selain marmer-marmer yang putih nan indah.

Istana ini juga dilengkapi dengan taman dan bunga-bunga. Istana Alhambra dikelilingi oleh benteng dengan plesteran yang kemerah-merahan. Yang unik lagi pada bagian luar dan dalam istana ini ditopang oleh pilar-pilar panjang sebagai penyangga dan penghias istana. Dinding luar dan dalam istana banyak dihiasi kaligrafi dan ukiran khas yang sangat sulit dicari tandingannya hingga kini.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *